PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PROMOSIHAJI DAN UMROH STUDI KASUS PADA AJIB HARAMAINTOUR & TRAVEL CIAMIS
Keywords:
Pemanfaatan, Digital Marketing, PemasaranAbstract
Perkembangan teknologi dan banyaknya pengguna teknologi pada saat ini memberikan peluang bagi pebisnis untuk melakukan pemasaran melalui digital marketing. Seiring dengan besarnya keinginan umat islam di Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah. Para biro Perjalanan ibadah umrah melakukan modifikasi pemasaran untuk menarik minat jamaah agar menggunakan jasa pelayanan tersebut. Salah satunya Ajib Haramain Tour & Travel menggunakan digital markting sebagai alat pemasaran yang dianggap praktis.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas bagaimana penerapan digital marketing dalam pemasaran umroh pada Ajib Haramain Tours. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui digital marketing apa saja yang digunakan Ajib Haramain Tours dalam memasarkan paket umroh yang mereka miliki.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Penulis menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa ungkapan lisan dan tulisan dari pelaku yang diamati. Dalam hal ini peneliti mengamati langsung subjek yang diteliti dengan melakukan wawancara terhadap pihak-pihak yang bersangkutan, khususnya bagian digital marketing Ajib Haramain Tours serta buku-buku yang menunjang kelengkapan data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ajib Haramain Tour & Travel telah menerapkan digital marketing dalam pemasaran umroh tetapi masih belum efektif, karena masih banyak jamaah yang menggunakan jasa pelayanan Ajib Haramain Tours dari hasil pemasaran melalui pengaruh owner, bukan dari hasil pemasaran melalui digital marketing.