Implementasi Kegiatan Manasik Haji dalam Pembentukan Nilai-nilai Keagamaan Anak Usia Dini Raudhatul Athfal

Penulis

  • Iis Nurhayati Institut Nahdlatul Ulama Ciamis Penulis

Kata Kunci:

manasik haji, anak usia dini, nilai keagamaan.

Abstrak

Untuk membentuk karakter religious dibutuhkan penanaman nnilai-nilai keagamaan pada anak sejak dini sebagai fondasi penting sejak awal kehidupan. Dengan adanya kegiatan manasik haji di tingkat Raudlatul Athfal (RA). Pembelajaran manasik haji bisa jadi metode belajar keagamaan yang menyenangkan bagi andak RA. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk penanaman nilai-nilai agama kepada anak-anak sejak dini. Terutama pengenalan rukun Islam dan pengenalan keimanan, ketaatan, disiplin dan sikap sosial anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan pengumpulan datan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan manasik haji yang dilakukan secara tematik, interaktif dan kontekstual memberikan pemahaman terhadap rukun Islam kepada anak. Dan menumbuhkan kecintaan kepada ajaran Islam sejak dini. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong pembentukan karakter seperti sabar, tertib, dan tolong menolong. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa manasik haji bukan hanya sebagai sombolisasi ibadah saja, tetapi sebagai sarana efektif dalam pendidikan nilai-nilai keagamaan anak usia dini.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-07